بسم الله الرحمن الرحيم

76. الاهتمام بكتاب الله: حفظاً وتلاوة وتفسيراً والاهتمام بالحديث، معرفة وفهماً وتمييزاً لصحيحه من سقيمه( لأنهما مصدر التلقي ) مع اتباع العلم بالعمل .

77. الدخول في الدين كله، الإيمان بالكتاب كله، فيؤمنون بنصوص الوعد ونصوص الوعيد، وبنصوص الإثبات للصفات، ونصوص التنزيه، ويجمعون بين الإيمان بقدر الله، وإثبات إرادة العبد، ومشيئته، وفعله، كما يجمعون بين العلم والعبادة، وبين القوة والرحمة، وبين العمل بالأسباب والزهد .

الاتباع، وترك الابتداع، والاجتماع ونبذ الفرقة، والاختلاف في الدين .78

79. الاقتداء، والاهتداء بأئمة الهدى العدول، المقتدى بهم في العلم والعلم والدعوة ـ الصحابة ومن سار على نهجهم ـ ومجانبة من خالف سبيلهم

التوسط: فهم في الاعتقاد، وسط بين فرق الغلو وفرق التفريط، وهم في الأعمال والسلوك وسط بين المفرِطين، والمفرَّطين .80

الحرص على جمع كلمة المسلمين على الحق، وتوحيد صفوفهم على التوحيد والاتباع، وإبعاد كل أسباب النزاع والخلاف بينهم .81

ومن هنا لا يتميزون على الأمة في أصول الدين باسم سوى السنة والجماعة، ولا يوالون، ولا يعادون، على رابطة سوى الإسلام والسنة .82

83. الدعوة إلى الله، والأمر بالمعروف، والنهي عن المنكر، والجهاد، وإحياء السنة، والعمل لتجديد الدين، بإحياء السنن، ونفي البدع، والمحدثات، وإقامة شرع الله وحكمه في كل صغيرة وكبيرة

84. الإنصاف والعدل: فهم يراعون حق ـ تعالى ـ لا حق النفس أو الطائفة، ولهذا لا يغالون في مُوالِ، ولا يجورون على معاد، ولا يغمطون ذا فضل فضله أيا كان .

التوافق في الأفهام، والتشابه في المواقف رغم تباعد الأقطار والأعصار، وهذا من ثمرات وحدة المصدر والتلقي .85

86. الإحسان والرحمة وحسن الخلق مع الناس كافة

النصحية لله ولكتابه ولرسوله، ولأئمة المسلمين وعامتهم .87

88. الاهتمام بأمور المسلمين ونصرتهم، وأداء حقوقهم، وكف الأذى عنهم . {نقلا من مجمل أصول عقيدة أهل السنة والجماعة فى العقيدة للدكتور ناصر العقل}

89. يرحمون إخوانهم المسلمين ويحثون على مكارم الأخلاق ومحاسن الأعمال، ويأمرون بالصبر والإحسان إلى عباد الله على حسب أحوالهم، وما يجب لهم من أقارب، وأيتام، وفقراء، وغير ذلك من مكارم الأخلاق {نقلا من بيان عقيدة أهل السنة والجماعة للدكتور سعيد القحطاني}

90. ويندبون إلى أن تصل من قطعك وتعطي من حرمك وتعفو عمن ظلمك ويأمرون ببر الوالدين، وصلة الأرحام، وحسن الجوار، والإحسان إلى اليتامى والمساكين وابن السبيل، والرفق بالمملوك‏.‏ وينهون عن الفخر والخيلاء والبغي والاستطالة على الخلق بحق أو بغير حق‏.‏‏.‏ ويأمرون بمعالي الأخلاق وينهون عن سفسافها‏.‏ وكل ما يقولونه ويفعلونه من هذا وغيره فإنما هم فيه متبعون للكتاب والسنة‏.‏{نقلا من العقيدة الواسطية لشيخ الإسلام ابن تيمية}

76. Memberikan perhatian kepada Kitab Allah dengan menghapal, membaca dan mencari tafsirnya. Di samping itu juga memberikan perhatian kepada hadits dengan mengetahui, memahami dan memilah antara yang shahih dengan yang dha'if, karena keduanya (Al Qur’an dan Hadits) merupakan sumber utama pengambilan dan dengan disertai pengamalan terhadap ilmu yang diketahuinya.

77. Masuk ke dalam Islam secara kaffah (menyeluruh) dan iman kepada semua isi Kitabullah. Oleh karena itu, mereka mengimani seluruh nash yang berkenaan dengan janji maupun ancaman Allah, nash yang berkenaan dengan penetapan asma dan sifat Allah maupun yang berkenaan dengan penolakan hal-hal yang tidak patut bagi-Nya. Mereka menggabung antara beriman kepada takdir Allah dan menetapkan adanya keinginan dan kehendak bagi hamba, sebagaimana mereka memadukan antara ilmu dengan ibadah, kekuatan dengan kasih sayang, berusaha dengan menjalankan sebab dan sikap zuhud (sederhana).

78. Mengikuti sunnah, meninggalkan bid'ah, bersatu dan menjauhkan diri dari perpecahan serta perselisihan dalam agama.

79. Mencontoh dan mengikuti jejak para pemimpin dalam kebenaran yang dapat dipercaya. Yang dicontoh dalam hal ilmu, amal dan dakwah. Yang terdiri dari para shahabat serta orang-orang yang mengikuti manhajnya. Di samping itu juga menjauhi orang-orang yang menyalahi jalan mereka.

80. Mengambil jalan tengah, baik dalam aqidah maupun dalam amal serta dalam perilaku. Mereka dalam beraqidah berada di antara golongan yang berlebihan dan golongan yang melalaikan; berada di antara orang-orang yang melampau batas dan orang-orang yang bermalas-malasan.

81. Senantiasa menjaga kesatuan kaum muslimin di atas hak (kebenaran) dan mempersatukan barisannya di atas tauhid dan ittiba' (mengikuti sunnah). Di samping itu, mereka juga menjauhkan setiap faktor yang dapat menyebabkan pertentangan dan perselisihan di antara umat.

82. Oleh karena itu, mereka tidak memiliki keistimewaan atas umat dalam prinsip-prinsip agama, kecuali dengan sebutan Sunnah wal Jama'ah. Tidak memihak serta tidak memusuhi selain atas ikatan Islam dan Sunnah.

83. Berdakwah kepada Allah, beramar ma'ruf dan bernahi munkar, berjihad, menghidupkan Sunnah, berusaha untuk tajdid[i] terhadap kehidupan beragama kaum muslimin serta menegakkan syari'at dan hukum Allah dalam segala urusan; yang kecil maupun yang besar.

84. Bersikap adil dan bijaksana dan senantiasa memperhatikan hak Allah Ta'ala, bukan hak pribadi atau golongan. Oleh karena itu, mereka tidak bersikap berlebihan terhadap orang yang memihak dan tidak pula berlaku zalim terhadap orang yang memusuhinya. Mereka tidak mengingkari kebaikan yang datang dari siapa saja.

85. Kesatuan dalam pemahaman dan kesamaan dalam pandangan, sekalipun berjauhan tempat dan berbeda zaman. Inilah salah satu hasil dari kesatuan sumber dan pengambilan.

86. Berbuat baik, berkasih sayang, dan sopan santun terhadap seluruh umat manusia.

87. Ikhlas dan setia kepada Allah, Kitabullah, Rasulullah, pemimpin umat Islam dan seluruh kaum muslimin.

88. Memperhatikan urusan umat Islam, membela kepentingannya dan melaksanakan hak-haknya. Mereka juga tidak melakukan tindakan yang mengganggu umat Islam. (Dari kitab Mujmal Ushul Ahlis Sunnah oleh Dr. Nashir bin Abdul Karim Al ‘Aql tentang Ahamm khashaa’ish Ahlissunnah wal Jamaa’ah wa simaatuhum)

89. Menyayangi saudara mereka kaum muslimin, mendorong berakhlak mulia dan berbuat baik, memerintahkan untuk bersabar dan berbuat ihsan kepada hamba-hamba Allah sesuai keadaan mereka, memperhatikan hak kerabat, anak yatim, orang miskin dan memerintahkan melakukan akhlak mulia lainnya (Dari kitab Bayaan ‘Aqidati Ahlis Sunnah wal Jamaa’ah oleh Dr. Sa’id Al Qahthaniy).

90. Ahlussunnah mengajak untuk menyambung hubungan dengan orang yang memutuskan hubungan denganmu, memberi kepada orang yang menahan pemberiannya kepadamu, memaafkan orang yang menzalimimu, memerintahkan berbakti kepada kedua orang tua, menyambung tali silaturrahim, berbuat baik dengan tetangga, berbuat baik kepada anak yatim, orang miskin, Ibnus Sabil, dan bersikap lembut kepada budak. Mereka juga melarang bersikap sombong dan membanggakan diri, bersikap zalim kepada orang lain, bersikap angkuh terhadap mereka baik dengan hak maupun tidak. Mereka juga memerintahkan berakhlak mulia dan melarang berakhlak hina, dan semua yang mereka ucapkan dan yang mereka lakukan baik yang disebutkan ini maupun lainnya, mereka lakukan karena mengikuti Al Qur’an dan As Sunnah.

Kita meminta kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala agar Dia memasukkan kita ke dalam Ahlussunnah wal Jamaa’ah; Al Firqah An Naajiyah yang tidak peduli terhadap orang-orang yang mengucilkannya dan menyelisihinya sampai datang ketetapan Allah, demikian juga kita meminta kepada-Nya agar Dia tidak menyimpangkan hati kita setelah Dia memberi kita petunjuk, sesungguhnya Dia Mahakuasa atas segala sesuatu dan Maha Mengabulkan. Allahumma Aamiin. Wallahu a’lam, wa shallallahu ’alaa Muhammad wa ’alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.

Marwan bin Musa

Maraji’: Mujmal Ushul Ahlissunnah (Dr. Nashir Al ’Aql), Al ’Aqidatul Wasithiyyah (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah),  almanhaj.or.id, Bayan ’Aqiidah Ahlis Sunnah wal Jamaa’ah (Dr. Sa’id bin Ali Al Qahthani), dll.

 

[i] Tajdid, yaitu pembaharuan tentang pemahaman dan pengamalan Islam dengan cara kembali kepada ajaran Al Qur'an dan Sunnah seperti yang dipahami dan diamalkan para sahabat radhiyallahu 'anhum.